Cara Memberi Warna Background pada HTML, Mudah!

Website tampil menarik merupakan idaman semua orang, apalagi jika tampil menarik akan mendatangkan banyak pengunjung. Salah satu bisa kamu lakukan untuk mewujudkan hal tersebut yaitu merealisasikan cara memberi warna background pada html.

Pada dasarnya memberi sebuah warna background pada html merupakan hal dasar yang perlu kamu kuasai jika ingin tampilan website menjadi menarik. Paling umum mengedit manual pada kode HTML itu sendiri atau bisa menggunakan CSS.

Cara Memberi Warna Background pada HTML

Cara Memberi Warna Background HTML

Cara sederhananya mengganti warna background pada HTML bisa menggunakan atribut bgcolor. Atribut bgcolor secara umum berfungsi untuk mengontrol background dari sebuah elemen HTML itu sendiri, secara khususnya berfungsi pada halaman dan latar belakang sebuah tabel.

Sebenarnya atribut bgcolor dapat kamu tempatkan untuk beberapa tag HTML, tetapi lebih baik kamu gunakan untuk latar belakang halaman serta dalam table. Untuk mendapatkan cara tersebut, maka kamu perlu menyimak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Menentukan Warna yang Kamu Gunakan

Langkah pertama cara merubah warna background website pada HTML yaitu menentukan warna yang ingin kamu gunakan. Ada beberapa layanan yang bisa membantu kamu memudahkan pemilihan warna secara gratis seperti W3Schools HTML.

Nantinya kamu akan mendapatkan sebuah kode numerik yang menyimbolkan dari warna-warna tersebut. Oleh sebab itu, jangan pastikan terlebih dahulu kamu sudah mendapatkan kode numerik tersebut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Buka Dokumen Program Penyuntingan Teks pada Berkas HTML

Sekedar informasi tambah bahwa sejak peluncuran HTML5, atribut HTML bgcolor yang dibahas sebelumnya tidak lagi didukung. Kini semua warna ataupun hal-hal lainnya yang berhubungan dengan gaya atau desain bisa kamu atur melalui CSS.

Walaupun demikian, mungkin saja masih ada yang bisa menggunakan atribut bgcolor untuk jenis HTML sebelumnya. Maka, akan ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk kedua hal tersebut.

Pada intinya kamu bisa menggunakan notepad pada komputer Windows untuk melakukan penyuntingan kode warna HTML tersebut.

3. Tambahkan Kode Warna HTML

Pada dokumen penyuntingannya kamu akan menemukan berbagai macam kode. Untuk CSS sendiri kamu perlu menemukan elemen body, tambahkan background-color untuk merealisasikan cara memberi warna background pada HTML.

Pada elemen tersebut kamu bisa mengawalinya dengan tanda kurung dan sisipkan kode warnanya. Sebagai contoh body {background-color: #d24dff;} pada elemen body setelah elemen <style>.

Sementara itu, untuk atribut bgcolor kamu bisa menambahkan ke dalam tag <body> dengan warna yang kamu inginkan. Secara garis besarnya perintah tersebut akan terlihat seperti ini :

<html>

<head>

<title>Cara memberi warna background pada HTML</title>

</head>

<body bgcolor = “3db28a2”>

Kode tersebut berlaku untuk warna pink muda, untuk warna-warna lainnya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Guna mendapatkan pemahaman yang mendalam kamu perlu mengetahui arti dari kode-kode tersebut: 

  • <html> berlaku untuk tag awal dari kode HTML itu sendiri, sementara </html. Untuk penutup file HTML.
  • <head> berlaku untuk judul dari halaman yang telah kamu buat.
  • <title> berlaku untuk perintah menyatakan suatu judul dalam halaman.
  • <body> berlaku untuk menampilkan isi halamannya, sementara bgcolor untuk atribut yang menyatakan warnanya.

4. Periksa Ulang dan Terapkan

Cara mengubah background website pada HTML terakhir yaitu pemeriksaan ulang terhadap apa yang sudah kamu masukan pada teks penyuntingan HTMLnya. Jika sudah yakin dan semua benar, maka kamu bisa menerapkan perintah tersebut untuk mendapatkan warna background sesuai yang kamu inginkan.

Sehingga, saya simpulkan cara memberi warna background pada HTML bisa kamu lakukan dengan menggunakan atribut bgcolor itu sendiri. Cara penyuntingannya pun sederhana bisa kamu lakukan secara otodidak.

Future Creative Blog