Cara Melihat Coding Web di Komputer dan Android Anti Ribet!

Cara Melihat Coding Web

Buat sebagian orang, mengetahui coding sebuah web adalah hal yang menarik, baik untuk keperluan profesi, menambah ilmu, maupun sekadar memuaskan rasa ingin tahu. Cara melihat coding web di komputer dan Android pun bukan sesuatu yang sulit. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, yuk ikuti penulis sampai akhir artikel ini!

Cara Melihat Source Code Web di Komputer Windows

Pertama-tama, cara melihat coding web di bawah ini dapat kamu lakukan di komputer dengan sistem operasi Windows. Dari berbagai sumber yang penulis kumpulkan, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Tekan Ctrl+U pada Keyboard Kamu

Cara paling cepat untuk melihat coding atau source code sebuah web yakni dengan menekan Ctrl dan U secara bersamaan pada keyboard kamu.

Ctrl+U ini adalah perintah universal yang berlaku jika kamu ingin tahu cara melihat source code di Chrome Browser, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera Web Browser, UC Browser, dan sebagainya.

2. Klik Kanan pada Mouse dan Klik “View Page Source”

Cara cepat kedua cukup membutuhkan kamu untuk klik kanan pada mouse dan klik “View Page Source” atau “Lihat Sumber Halaman”. Cara yang satu ini juga berlaku secara universal buat browser-browser yang penulis sebutkan di atas, ya!

3. Kalau Ingin “Bereksperimen” Sedikit, Klik Kanan pada Mouse dan Klik “Inspect”

Nah, cara yang satu ini memang sedikit “spesial”, nih! Kenapa begitu? Karena mengklik “inspect” yang bisa kamu akses melalui klik kanan bukan hanya melihat coding sebuah web, tetapi juga memungkinkanmu untuk mengeditnya, lho!

Source code yang kamu buka dengan perintah ini akan ditampilkan bersebelahan dengan web aslinya. Perintah “Inspect” juga mampu meng-highlight bagian kode tertentu dan mencocokkannya dengan bagian di web.

Kamu tidak perlu khawatir bakal merusak webnya, karena segala aktivitas pengeditan source code melalui Inspect hanya akan berlaku bagi sang user saja tanpa merusak web itu sendiri dan mengganggu user lain yang juga mengakses web tersebut.

4. Alternatif di Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge

Selain ketiga cara di atas, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge masing-masing punya cara alternatif untuk melihat coding suatu web. Pada peramban Mozilla Firefox, kamu bisa klik menu “Firefox”, lalu “Web Developer”, dan terakhir klik “Page Source”.

Lalu, pada Google Chrome kamu dapat klik titik tiga vertikal di pojok kanan atas, arahkan kursor ke “More tools”, lalu pilih “Developer tools”. Alternatif lain untuk Developer tools adalah dengan tekan Ctrl+Shift+I secara bersamaan pada keyboard.

Untuk Microsoft Edge, cara alternatifnya sama persis dengan Google Chrome, yang berbeda hanya lambang titik tiga horizontal di pojok kanan atasnya. Tampilan dan fungsi Developer tools sama seperti perintah Inspect.

Cara Melihat Coding Web di Safari Browser

Safari Browser adalah peramban yang secara khusus dikembangkan Apple untuk sistem operasi macOS dan iOS. Cara melihat coding di browser yang satu ini antara lain:

  1. Tekan tombol Option+Command+U pada keyboard kamu
  2. Arahkan kursor ke “Develop” pada Menu Bar di bagian atas browser, lalu pilih “Show Page Source”. Menu “Develop” yang tidak nampak bisa kamu munculkan dengan mengklik “Show Develop menu in menu bar” yang dapat kamu akses melalui “Preferences” lalu “Advanced”

Cara Melihat Source Code Website di Android

Nah, buat kamu para pengguna Android juga bisa tahu cara melihat coding web yang kamu kunjungi, lho! Akan tetapi, untuk melakukan hal ini kamu perlu aplikasi bernama VT View Source. Aplikasi dengan ukuran unduh cuma 1,2 MB ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store.

Setelah kamu berhasil mengunduh VT View Source, masukkan URL laman pada bagian Open URL. Nantinya aplikasi akan langsung menampilkan coding web dari laman tersebut.

Pada bagian ini, tekan titik tiga vertikal di pojok kanan atas untuk mengakses lebih banyak fitur, seperti Copy All untuk menyalin seluruh kode, Share Source Code untuk membagikan kode kepada orang lain, dan Save To File untuk mengubah source code ke dalam bentuk file dan menyimpannya di perangkatmu.

Penutup

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, cara melihat coding web anti ribet di komputer dan Android? Semoga artikel ini meningkatkan pemahamanmu tentang coding dan pemrograman, ya!


Future Creative Blog